10 Obat Kulit Kering Alami yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

By | June 29, 2021

10 Obat Kulit Kering Alami yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah – Kulit Anda secara alami menghasilkan minyak, yang disebut sebum, yang membantu melindungi kulit dari kehilangan kelembaban, tetapi tindakan sehari-hari – seperti lupa memakai pelembab atau mencuci tangan dengan sabun pengering – dapat menghilangkan minyak alami dari kulit Anda.

10 Obat Kulit Kering Alami yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

Jika Anda memiliki kulit yang rawan jerawat, ada beberapa bukti yang mendukung gagasan bahwa minyak pohon teh dapat memperbaiki jerawat ringan hingga sedang – termasuk studi double-blind, acak, terkontrol yang diterbitkan sebelumnya dan studi percontohan tidak terkontrol Agustus 2017 yang diterbitkan di Australasian Journal of Dermatology — meskipun Anda ingin berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum memulai perawatan jerawat baru. sbobet

Ada banyak cara untuk mendapatkan manfaat pelembab dari minyak, baik sendiri atau dengan bahan lain, untuk membuat masker bergizi DIY atau scrub pengelupasan. Poblete-Lopez menyarankan bahwa minyak jarak, minyak lavender, dan minyak alpukat mungkin merupakan solusi alami yang baik untuk kulit kering, sekali lagi, selama Anda tidak memiliki kulit yang rentan jerawat.

Berikut ini 10 obat kering untuk kulit yang dapat Anda buat sendiri.

1. Siapkan Pembersih Minyak Zaitun untuk Menenangkan Kulit Kering

Minyak alami yang bagus untuk digunakan adalah minyak zaitun, yang berfungsi sebagai pembersih dan pelembab alami, kata Brandy Crompton, ahli kecantikan berlisensi dan mantan manajer LeBliss Salon and Spa di Louisville, Kentucky.

“Cukup gosokkan minyak ke kulit Anda dan tempelkan kain hangat dan lembap ke wajah Anda sampai dingin,” kata Crompton, “lalu bersihkan sisa minyaknya.” Minyak zaitun adalah pilihan yang baik sebagai pembersih karena tidak akan menghilangkan minyak alami kulit Anda, tetapi akan membersihkan kulit Anda, tambahnya.

2. Buat Masker Alpukat yang Kaya dan Lembut

Membuat masker alpukat buatan sendiri adalah cara alami lain untuk menenangkan kulit kering. Crompton menyarankan untuk menghaluskan setengah buah alpukat dan mencampurnya dengan 1 sendok teh (sdt) minyak zaitun; Anda juga bisa menambahkan 1 sendok makan (sdm) madu untuk kulit yang sangat kering.

Oleskan masker ke wajah Anda, biarkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas. Kulit Anda seharusnya terasa lembap, tetapi Anda dapat menggandakan efek menghidrasi dengan mengoleskan pelembap biasa juga.

3. Membuat Lulur Minyak Zaitun dan Gula Alami

Buat scrub pengelupasan pelembab alami menggunakan kombinasi minyak zaitun dan gula. Campurkan cangkir gula dengan 2 sdm minyak zaitun, kata Crompton. Jika mau, Anda juga dapat menambahkan minyak esensial seperti lavender, yang menambahkan aroma alami dan dapat meningkatkan relaksasi. Gosokkan scrub dengan lembut ke kulit Anda, lalu bilas. Terakhir, gunakan pelembab yang menenangkan untuk mengunci manfaat kulit yang baru saja terkelupas.

4. Buat Perendaman Oatmeal yang Mudah untuk Menenangkan Kulit Anda

Menambahkan secangkir oatmeal ke dalam bak mandi air hangat secara alami dapat merehidrasi kulit kering, kata Poblete-Lopez. “Produk oat itu sendiri menenangkan,” jelasnya, dan membantu kulit Anda mempertahankan kelembapan dari air mandi.

5. Eksfoliasi Wajah Anda Dengan Masker Madu Oatmeal Buatan Sendiri

Oatmeal juga bisa menjadi exfoliator atau masker yang bagus. Campurkan 2 sdm oat dengan 1 sdm madu dan sedikit air. Crompton menyarankan untuk menghangatkan campuran, lalu mengoleskannya ke kulit Anda. Anda dapat menggunakannya hanya untuk mengelupas dan mencucinya segera, atau biarkan selama 15 hingga 20 menit sebagai masker yang menenangkan dan menghidrasi.

6. Oleskan Minyak Kelapa Sebelum Tidur

“Minyak kelapa menjadi padat pada suhu kamar, jadi gunakan sebagai krim pelembab sebelum tidur atau kapan saja,” saran Tsippora Shainhouse, MD, dokter kulit bersertifikat di SkinSafe Dermatology and Skin Care di Beverly Hills, California. “Untuk tumit dan tangan pecah-pecah, oleskan minyak, lalu lapisi dengan kaus kaki tebal atau sarung tangan nonlateks.”

7. Tambahkan Minyak Favorit Anda ke Mandi Anda

“Minyak alami sangat bagus untuk melembabkan kulit dan membantu menciptakan kembali penghalang kulit alami, yang sering rusak karena sering mencuci tangan dan wajah dengan air dan sabun pengering yang menghilangkan minyak pelindung alami kulit,” kata Dr. Shainhouse. Selain minyak zaitun atau minyak kelapa, Anda dapat menguji minyak alami lain yang bebas dari iritasi, termasuk minyak jojoba, argan, dan alpukat.

Untuk menggunakannya, Shainhouse merekomendasikan untuk menambahkan beberapa sendok makan minyak yang diinginkan di bawah air mandi yang mengalir. Manjakan diri Anda dengan berendam sebentar dan tepuk kulit Anda dengan lembut setelahnya untuk menghindari menggosok semua minyak. Anda juga dapat mengoleskan sedikit minyak pilihan Anda ke kulit setelah mandi agar tetap lembut dan lembab.

8. Gunakan Kompres Susu untuk Kulit Iritasi

“Susu memiliki sifat anti-inflamasi alami,” kata Shainhouse. “Ini juga mengandung asam laktat, exfoliant alami yang ringan.” Untuk membuat kompres susu, Cincinnati Health Institute menyarankan untuk merendam kain bersih (seperti waslap atau handuk) dalam semangkuk susu dingin, dan menahannya di tempat yang kering.

Shainhouse merekomendasikan penggunaan kompres ini pada kulit Anda selama 5 hingga 10 menit setiap kali. Ini sangat membantu untuk kulit yang teriritasi yang juga gatal. Asam laktat dapat menyengat kulit yang pecah-pecah, jadi gunakan dengan hati-hati, menurut Harvard Health Publishing.

9. Pertimbangkan Pembersih Enzim Buah atau Exfoliant

Enzim buah dapat menjadi penyelamat selama musim kulit kering. “Asam alfa-hidroksi ini sangat bagus untuk pengelupasan lapisan superfisial sel kulit mati yang kusam di wajah dan tubuh dengan lembut,” kata Shainhouse.

Dia merekomendasikan menggunakan pencuci atau masker buah-enzim-infused dua kali seminggu. Beberapa enzim buah yang baik untuk dicari termasuk nanas, labu, dan pepaya.

10 Obat Kulit Kering Alami yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

10.  Oleskan Lidah Buaya ke Kulit Kering dan Teriritasi

Meskipun sering dianggap sebagai obat untuk menghilangkan sengatan matahari, gel lidah buaya juga dapat membantu selama bulan-bulan musim dingin yang kering. Ia bekerja dengan mengurangi kemerahan dan iritasi yang terkait dengan kekeringan berlebih, dan bahkan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, serta jerawat, menurut penelitian sebelumnya.

Tetapi Shainhouse memperingatkan bahwa beberapa orang dapat mengembangkan dermatitis kontak alergi terhadap lidah buaya, jadi Anda mungkin ingin melakukan tes tempel terlebih dahulu sebelum menerapkannya ke area kulit yang luas.