6 Tempat Saat Anda Mengaplikasikan Tabir Surya

6 Tempat Saat Anda Mengaplikasikan Tabir Surya – Sebelum keluar rumah, Anda mungkin terbiasa mengoleskan SPF di wajah, lengan, dan kaki Anda. Dan itu adalah permulaan — tetapi jangan berhenti di situ.

Menurut American Academy of Dermatology Association, kebanyakan orang dewasa membutuhkan 1 ons (atau 2 sendok makan) tabir surya untuk menutupi kulit yang terbuka di seluruh tubuh. Tapi, tambah mereka, kebanyakan orang hanya menerapkan antara 25 dan 50 persen dari jumlah itu. http://www.lilandcloe.com/

6 Tempat Saat Anda Mengaplikasikan Tabir Surya

“Tabir surya harus digunakan setiap hari, terlepas dari cuaca, dan dioleskan kembali setiap dua jam,” kata Michele Green, MD, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City. Dan jika Anda sedang berenang atau berkeringat, aplikasikan kembali setelahnya, rekomendasikan Skin Cancer Foundation.

Bintik-bintik tertentu – seperti kulit kepala, bibir, telinga, leher, dan dada – cenderung diabaikan, baik karena tidak nyaman menggunakan tabir surya atau karena area tersebut tampaknya tidak mendapatkan cukup sinar matahari untuk mendapatkan SPF. Tetapi banyak dari area ini termasuk area teratas di mana kanker kulit berkembang, menurut Mayo Clinic.

Faktanya, memiliki lima atau lebih sengatan matahari menggandakan risiko melanoma, suatu bentuk kanker kulit yang berpotensi mematikan, menurut Skin Cancer Foundation. Tetapi menggunakan SPF 15 atau lebih tinggi setiap hari mengurangi risiko itu hingga 50 persen, jadi penting untuk mengoleskan tabir surya Anda ke mana pun terkena sinar matahari.

Perlu alasan lain untuk memuat SPF? Pertimbangkan efek jangka panjang UV pada kulit Anda. Sembilan puluh persen penuaan kulit dapat disebabkan oleh matahari, catat Skin Cancer Foundation, tetapi satu penelitian menemukan bahwa orang yang melaporkan penggunaan tabir surya setiap hari dengan SPF 15 atau lebih tinggi menunjukkan penuaan kulit 24 persen lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak. konsisten menggunakan tabir surya.

Jadi, lain kali Anda melamar, ingatlah area yang sering diabaikan ini.

1. Telinga

Berkat semua lipatannya, telinga bukanlah tempat yang paling mudah untuk mengaplikasikan SPF. Tapi mereka mendapatkan banyak sinar matahari, jadi jangan lewatkan mereka (ya, bahkan jika Anda memiliki rambut panjang). The Cleveland Clinic mengatakan telinga adalah lokasi umum yang paling ketiga untuk kanker kulit.

Namun, jangan hanya mengolesi lobus: “Saya melihat kanker kulit di semua bagian telinga luar,” kata Tanya Nino, MD, dokter kulit bersertifikat dan direktur program melanoma di Providence St. Joseph di Orange County, California. “Di belakang telinga, termasuk lipatan di belakang telinga, juga merupakan tempat umum di mana kanker kulit terbentuk.”

Oleskan tabir surya krim spektrum luas SPF 30 atau lebih tinggi untuk meminimalkan risiko Anda, saran Dr. Nino, dan pastikan Anda telah menutupi semua area telinga, depan dan belakang. Dan jangan lupa — mengenakan topi dengan pinggiran dan mencari tempat teduh di mana pun Anda bisa adalah ide yang bagus juga, katanya.

2. Kulit Kepala

Jika Anda berpikir rambut Anda melindungi kulit kepala Anda, pikirkan lagi. “Kulit kepala adalah titik tertinggi dari tubuh dan dengan demikian lebih mungkin untuk terbakar daripada area lain,” kata Dr. Green.

“Untuk membantu mencegah kanker kulit, SPF harus selalu diterapkan pada kulit kepala dan garis rambut.” Meskipun kanker kulit di kulit kepala tidak umum – itu menyumbang 2 sampai 5 persen dari semua melanoma kulit, penelitian telah menunjukkan – Anda tetap harus menerapkan SPF. Mengenakan topi juga bisa membantu.

Itu juga tidak harus berantakan seperti yang Anda bayangkan. “Ada berbagai tabir surya yang tersedia yang diformulasikan untuk melindungi kulit kepala tanpa meninggalkan residu atau rasa berminyak,” kata Green. Cobalah bedak tabir surya seperti Supergoop Poof Part Powder ($32, Supergoop.com) atau kabut seperti Sun Bum’s Scalp & Hair Mist SPF 30 ($14,99, Sunbum.com) yang dirancang khusus untuk kulit kepala.

3. Kelopak mata

Kulit di sekitar mata Anda tipis, dan itu membuatnya rentan terhadap kanker kulit serta tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan bintik matahari, kata Green. Kanker kulit pada kelopak mata menyumbang hingga 10 persen dari semua kanker kulit, menurut Cancer.Net, situs web American Society of Clinical Oncology.

“Banyak orang menahan diri untuk tidak mengoleskan SPF pada kelopak mata karena sensitivitas area tersebut,” kata Green. Untuk perlindungan tanpa sengatan, pilih tabir surya mineral yang mengandung titanium dioksida atau seng oksida — Anda dapat menemukan yang diformulasikan untuk kulit sensitif, kata Green. Atau, dia menyarankan menggunakan krim mata yang mengandung SPF. Salah satu pilihannya adalah Bright-Eyed 100 Percent Mineral Eye Cream SPF 40 ($36, Supergoop.com).

Akhirnya, jangan lupa sunnies Anda. “Mengambil kacamata hitam yang menawarkan perlindungan UV adalah investasi yang bagus dan dapat membantu lebih lanjut melindungi kelopak mata dari kanker kulit dan tanda-tanda penuaan yang dipercepat oleh sinar matahari,” Green mencatat.

4. Bibir

Anda mungkin tidak menganggap bibir Anda sebagai kulit, tetapi memang demikian — dan kanker kulit juga dapat berkembang di sana. Untungnya, melindungi daerah ini sederhana. Yang Anda butuhkan hanyalah lip balm dengan SPF 30 atau lebih tinggi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. “Menggunakan lip balm dengan SPF adalah praktik yang baik untuk membantu mencegah perkembangan kanker kulit dan kerutan di area tersebut,” kata Green.

Bagian tersulit adalah mengingat untuk menggeseknya sepanjang hari. Nino menyarankan untuk mengoleskan kembali lip balm Anda setiap dua jam (atau lebih sering jika Anda berenang – periksa label produk untuk memastikan).

Dan jika Anda tidak memiliki lip balm, jangan stres: “Cukup bawa tabir surya wajah ke bibir luar,” kata Nino.

5. Leher dan Dada

Anda mungkin rajin mengoleskan tabir surya ke wajah Anda sebelum meninggalkan rumah, tetapi pastikan Anda juga menunjukkan cinta pada leher Anda. Sekitar 20 persen dari semua kasus melanoma baru ditemukan di daerah kepala dan leher, menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada Oktober 2019 di JAMA Otolaryngology–Head & Neck Surgery.

“Leher dan dada juga merupakan titik panas untuk kanker kulit, dan [Anda] harus memperhatikan area ini,” kata Nino. Dia lebih suka menggunakan seng oksida tipis di dada dan leher, mencatat bahwa tabir surya wajah berwarna dapat menyebar ke pakaian.

6 Tempat Saat Anda Mengaplikasikan Tabir Surya

6. Kaki

Kecuali Anda mengenakan sepatu yang menutupi seluruh tubuh seperti sepatu kets, kaki Anda mungkin menyerap banyak sinar.

“Bagian atas kaki kita sering terkena sinar matahari, dan kita harus menerapkan SPF di sana,” kata Nino.

Telapak kaki Anda, di sisi lain, umumnya lebih terlindungi karena lapisan tebal sel kulit mati, menurut Klinik Cleveland. Tetapi jika bagian bawah kaki Anda akan terkena sinar UV entah bagaimana – misalnya, jika Anda berbaring tanpa alas kaki di pantai – Anda harus menerapkan SPF ke area ini, karena Nino mencatat bahwa melanoma juga dapat berkembang di sana.

Tiga hingga 15 persen kanker kulit melanoma terjadi pada kaki atau pergelangan kaki, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Foot and Ankle Research.