Tips Mengatasi Masalah Umum Kulit Area Mata

By | June 29, 2021

Tips Mengatasi Masalah Umum Kulit Area Mata – Jika mata Anda adalah jendela jiwa Anda, Anda pasti ingin merawat kulit di sekitarnya sebaik mungkin. “Area di sekitar mata Anda adalah salah satu area tertipis dan paling sensitif di tubuh Anda. Ini juga salah satu yang pertama mengungkapkan tanda-tanda penuaan pertama, seperti garis-garis halus,” kata Lauren Fine, MD, dokter kulit bersertifikat di Chicago Cosmetic Surgery and Dermatology di Illinois.

Tips Mengatasi Masalah Umum Kulit Area Mata

Mengapa? Sebagai sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 di Advanced Biomedical Research mencatat, kulit area mata tidak memiliki banyak kelenjar minyak dan kolagen seperti bagian wajah dan tubuh Anda lainnya, sehingga lebih rentan terhadap kekeringan, garis, dan kerutan. gabungsbo

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan September 2015 di Clinical Anatomy menyimpulkan bahwa area kulit yang memiliki lebih sedikit kelenjar sebaceous (minyak) kurang padat dan lebih rentan terhadap kerutan, itulah sebabnya mengapa kerutan di kaki menjadi masalah besar.

Berikut adalah beberapa masalah area mata teratas yang didengar oleh dokter kulit – dan saran mereka untuk mengatasinya.

Lingkaran Hitam

Meskipun mereka terhubung dengan kurang tidur, kadang-kadang secara konsisten mencatat delapan jam semalam tidak akan menghilangkannya. Itu karena ada komponen genetik pada lingkaran hitam, kata Fine. “Ini sulit untuk dihapus sepenuhnya, tetapi ada beberapa topikal bagus yang mengandung kafein atau vitamin K, yang dapat membantu sirkulasi untuk meringankan lingkaran,” katanya.

Kantung Mata Bengkak

Jika Anda bangun dengan bengkak, itu mungkin karena cairan yang menumpuk di bawah mata Anda saat Anda tidur, menurut Mayo Clinic. Jika ini adalah skenario umum untuk Anda, beli roller batu giok dan simpan di lemari es Anda. (Beli satu yang berbentuk seperti bola kecil, sehingga cocok untuk area yang lebih kecil ini.)

Di pagi hari, celupkan rol ke dalam gel mata dan gulung perlahan di atas kantong, saran Green. Meskipun tidak ada bukti ilmiah bahwa rol batu giok secara pasti akan mengurangi bengkak, beberapa ahli kulit, termasuk Green, merekomendasikan untuk menggunakannya di area mata saat dingin, karena tindakan pendinginan akan membantu mengurangi bengkak. Suhu dingin mengurangi aliran darah untuk mengurangi pembengkakan di area mata, menurut Johns Hopkins Medicine.

Garis-garis Halus dan Keriput

Pilih retinol atau krim mata yang mengandung peptida. Retinol dan retinoid adalah turunan vitamin A yang merangsang pergantian sel kulit dan produksi kolagen. “Retinol membantu tekstur keseluruhan dan masuk lebih dalam ke struktur kulit untuk merevitalisasi kerutan dan memperbaiki tampilan garis-garis halus,” kata Green.

Gunakan krim mata yang mengandung retinol di malam hari. Untuk pagi hari, dia merekomendasikan krim mata yang “mengandung teh hijau, bahan yang mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari stres lingkungan yang berkontribusi terhadap penuaan.”

Menurut ulasan yang diterbitkan pada Februari 2019 di jurnal Nutrients, polifenol teh hijau, yang merupakan senyawa antioksidan, menetralisir radikal bebas penuaan dalam tubuh, mengurangi risiko terbakar sinar matahari, dan mengurangi aktivitas enzim yang mendegradasi kolagen di kulit Anda. Hasilnya: lebih sedikit kerusakan akibat sinar UV dan lebih sedikit garis dan kerutan.

Kemerahan dan Iritasi

“Mengingat sifat kulit yang tipis dan sensitif di sini, perlu waktu lebih lama untuk pulih,” kata Fine. Jika Anda sensitif terhadap bahan dalam salah satu produk Anda, seperti wewangian, pengawet, atau ekstrak tumbuhan alami, mata seringkali menjadi area pertama yang akan mengalami iritasi, atau iritasi bisa lebih ekstrem di sini, katanya.

Dalam hal ini, temui dokter kulit Anda. “Lebih baik segera mengobatinya [dan mengidentifikasi produk yang menyinggung]; jika tidak, perlu waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk kembali normal,” katanya.

Apakah Krim Mata atau Gel Mata Lebih Baik?

Pertanyaan ini semua tergantung pada jenis kulit atau perhatian utama Anda. Jika Anda memiliki mata kering alami, maka Anda akan ingin memilih krim, yang mengandung jumlah air yang lebih sedikit daripada gel, sehingga membuatnya terhidrasi dengan lebih baik. “Gel saja tidak akan cukup melembapkan,” kata Fine.

Tips Mengatasi Masalah Umum Kulit Area Mata

Di sisi lain, jika Anda berurusan dengan kantung mata, maka gel mungkin cocok untuk Anda, tambah Green. “Saya suka gel mata. Saya menyimpan milik saya di lemari es. Saat Anda menerapkannya, bengkak apa pun akan segera hilang,” katanya.

Cara Mengoleskan Krim Mata atau Gel dengan Benar

Adapun cara mengaplikasikan krim mata atau gel, Green menyarankan untuk menggunakan jari dengan sentuhan paling ringan, biasanya kelingking. Tepuk-tepuk dengan lembut di area bawah mata Anda sampai tertutup. Ini memastikan bahwa Anda tidak menarik kulit halus ini seperti yang Anda lakukan jika Anda mengoleskannya.